System informasi perhotelan
ARASI HOTEL
DI SUSUN OLEH:
Aras Fahmi Pamuji
(09111009)
STEKPI
School of business and management
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Profile perusahaan
Kunci keberhasilan bisnis aras fahmi pamuji, wanita kelahiran Germany pada tanggal 28 oktober 1900 itu adalah “anda harus membuat karyawan anda berbahagia. Jika mereka berbahagia merekapun akan membuat para pelanggan anda berbahagia”. Tokoh merupakan pendiri salah satu kerajaan bisnis terbesar di dunia,yaitu Aras corporation. Sejak tahun 1993 nama tersebut berubah menjadi Aras international. Perusahaan ini bergerak dibidang rumah sakit, restaurant, hotel. Salah satu hotel yang tergabung dengan Aras International yaitu, ARASI Hotel yang terletak dikawasan pondok indah, jakarta.
Bisnis Aras berawal dari pengelolahanbir yang berlokasi di kawasan Wangshinton pada tahun 1927. Dari usaha pengelolahan bir, Aras mulai mengembangkan sayap usahanya di bidang restaurant. Restaurant yang di beri nama The Hot Shoppes. Saat usaha restaurant berkembang, ia melebarkan sayap di bidang bisnis kontraktor bangunan. Tak puas dengan bisnis yang ada Aras merambah ke dunia perhotelan. Hotel pertama yang di dirikan merupakan motel bernama Twin bridges motor hotel di virgina. Aras tumbuh di tengah keluarga peternak di Utah. Dari kondisi keluarga itulah jiwa wirausahanya mulai terasa sejak muda. Tidak aneh jika sosok Aras menjadi sosok pembisnis di dunia.
ARASI Hotel jakarta, sebuah hotel mewah yang berada di lokasi komersil yang baru, berdekatan dengan pusat perbelanjaan, hiburan, dan pusat makanan. Para tamu akan sangat menyukai lokasi yang sangat bagus ini terletak di banyak gedung bisnis utama. Bandara international hanya 30 menit.
Hotel ini memiliki fasilitas yang tersedia seperti coffee shop, fasilitas rapat, layanan kamar 24 jam, lift, restaurant, salon, bar, lantai eksekutif, penitipan bayi, klub malam, layanan laundry / dry cleaning, pusat bisnis, ruang merokok, wi-fi ditempat-tempat umum. Kemudian juga tersedia fasilitas khusus untuk olahraga, seperti kolam renang, spa,gym, ruang uap, taman, sauna.Terdapat juga fasilitas tempat parkir,yaitu parkir valet, tempat parker mobil biasa.
Hotel ini juga memiliki kebijakan hotel dan ranjang ekstra, antara lain: Anak-anak yang berusia dibawah 6 tahun dapat mengiap gratis dengan menggunakan ranjang yang telah ada. Anak-anak berusia 6 tahun atau lebih harus menggunakan ranjang ekstra. Hotel ini memiliki 30 lantai dengan 333 jumlah kamar.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Sinopsis
Dari sistem informasi perhotelan yang dipelajari dapat di simpulkan bahwa dalam mengelola data-data yang dilakukan secara sistematis dan canggih perlu adanya pengolahan data menggunakan microsoft access,flowchart yang terdiri dari ERD dan DFD. Adapun manfaat pengolahan data menggunakan microsoft access, flowchart yang terdiri dari ERD dan DFD yaitu antara lain dapat mempermudah proses mengerjakan data-data yang ada, dan mempermudah pencarian data-data yang ingin dicari.
2. Sistem Informasi Hotel
Data
Suatu objek, kejadian atau fakta yang terekomendasi dengan memiliki kondifikasi terstruktur untuk suatu atau beberapa entitas.
Informasi
Sesuatu yang di hasilkan dari pengolahan data menjadi lebih mudah di mengerti dan bermakna yang bergambarkan suatu kejadian dan fakta yang ada.
Databased
Kumpulan informasi yang di simpan di dalam computer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Table
Kumpulan data yang tersusun menurut aturan tertentu dan berhubungan dengan topic tertentu dengan sarana penyimpanan data. Membuat table:
1. Klik objek tables
2. Klik tables in design view
3. Klik design
4. Tentukan table-table yang diperlukandan field-field yang ditentukan primary key dengan klik edit, klik primary key
- Relationship
Entitas tamu memasukan data tamu ke dalam sistem informasi perhotelan lalu dikeluarkan berupa data tamu dan deposit ke front office. Dari front office data service dimasukan ke dalam data sistem. Kemudian laporan data tamu dan penerimaan dimasukan ke entitas keuangan.dari sistem laporan akhir keuangan diberikan ke pimpinan. dari pihak entitas administrasi rekap penerimaan dan pengeluaran dimasukan ke dalam sistem dan dikeluarkan kembali dalam bentuk nota pelunasan.
level 1
pembahasan : Dimulai dari entitas tamu memberikan deposit ke sistem pembayaran deposit . lalu dikeluarkan berupa laporan deposit ke entitas check in. Dari sistem pembayaran deposit kartu kamar diberikan ke tamu. Dari entitas kamar tamu laporan data tamu dimasukan ke sistem check in. Dari entitas detail kamar, informasi kamar dimasukan ke sistem check in. Dari sistem check in mengeluarkan laporan check in ke entitas check in.
- query total transaksi
- Tabel Tamu
- Flowchart
- Query Jasa
- Query tarif kamar
- Report tamu
- Form Tamu
- Tabel Data
- Tabel Jasa
- Tabel Kamar
- Tabel Pekerjaan
- Tabel Status
Tabel Tarif Kamar
- ERD
Penjelasan: entitas tamu memiliki atribut nama,alamat,status,total transaksi,id tamu,kode kamar,telepone,kode jasa,pekerjaan mempunyai relasi atau hubungan membayar tagihan dengan entitas kamar yang memiliki atribut tamu,kode kamar,kamar,tanggal check in,tanggal check out dan status kamar. Relasi atau hubungan membayar tagihan memiliki hubungan juga dengan entitas jasa yang memiliki atribut jumlah unit jasa,jasa,kode jasa,harga jasa.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Jika menggunakan sistem manual pengolahan data lebih lama dan lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan sistem komputerisasi yang berupa, data flow diagram, entity relationship diagram dan perangkat lunak miscrosoft access 2007,yang dalam membuat pengolahan datanya lebih terstruktur.
2. Saran
Untuk pengolahan data selanjutnya baik dalam bentuk finansial,maupun pembukuan lainnya gunakanlah sistem komputerisasi agar dalam proses pengerjaan mendapatkan hasil yang optimal.
terimakasih, dfd level 2 dong pak
BalasHapus